BREAKING

Jumat, 20 November 2015

Angkringan, Kuliner Khas Kota Istimewa*



           
Yogyakarta – Tatkala menyebut Jogja, banyak hal menarik dan istimewa darinya. Setiap sudut kota ini mejadi keunikan tersendiri bagi para pendatang dari berbagai daerah. Terutama para pelajar dan mahasiswa yang sudah bertahun-tahun mendiami kota ini. Banyak hal yang menjadi keunikan dan kekhasan kota ini. Mulai dari Jalan Malioboronya, Benteng Vredeburg, Keraton, Monjali, Tugu, bahkan sampai pasar kembangnya serta masih banyak lagi ikon menarik kota ini.

            Salah satu ikon yang menjadi ciri khas dari Kota Jogja ialah kulinernya. Kuliner khas kota istimewa ini biasa disebut dengan angkringan. Warung angkringan biasanya ditempatkan di suatu gerobak roda yang terbuat dari kayu serta penerangan lampu remang-remang menjadi ciri khas kuliner ini, dan biasanya berada di pinggir-pinggir jalan. Hidangan sederhana seperti sego kucing sebagai makanan khasnya, telur puyuh, berbagai macam gorengan, sate keong, dan kepala ayam serta berbagai macam minuman baik yang hangat maupun yang dingin tersedia di sini. Harga yang bersahabat serta penjual yang santun menambah nikmat dan nyaman ketika menikmati jajanan dan minuman di warung ini. Biasanya penjualnya sudah tua dengan bahasanya yang ramah mereka melayani para pengunjungnya. Ini lah yang membuat siapa saja yang pernah berkunjung ke kota ini serasa ingin kembali lagi.
            Meski dengan kocek pas-pasan, kita bisa menikmati berbagai makanan dan wedang (minuman) hangat dan dingin di sini. Dengan harga paling mahal 3 sampai 4 ribu saja, sehingga membuat angkringan semakin laris dan banyak pengunjungnya. Jadi hanya dengan 7-8 ribu saja sudah bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di angkringan ini, seperti sego kucing, sate usus, telur puyuh, gorengan serta segelas minuman. Banyak angkringan yang sudah terkenal dan sering dikunjungi banyak orang di Jogja ini, seperti Angkringan Lek Man yang terletak di Stasiun Tugu, terkenal dengan Kopi Jossnya. Angkringan Satari yang berada di komplek pertokoan Medari Sleman Jalan Magelang. Angkringan ini terkenal dengan variasi camilannya. Namun angkringan ini sudah tidak meggunakan gerobak seperti angkringan pada lazimnya karena sudah bertransformasi menjadi semacam warung makan. Selanjutnya ada angkringan JAC, yang berlokasi di nDalem Pakuningratan, Angkringan Wijilan, Angkringan Pakulalaman, dan tentunya masih sangat banyak angkringan lain yang tersebar di setiap sudut Kota Jogja ini.
            Demikian sedikit ulasan mengenai angkringan yang menjadi ciri khas kuliner khas Kota Jogja ini. Jika anda berkunjung ke Jogja atau yang sudah bertahun-tahun di kota ini tentu tidak akan lengkap bila belum pernah menikmati sajian khas kota istimewa ini. Jadi, monggo mampir dan dinikmati sajian kuliner murah meriah serta tentunya nyaman di hati.

*Oleh :
Charismanto (13210095)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT