BREAKING

Minggu, 04 September 2016

“Manusia Punya Cerita”

Yogyakarta –Saat ini, foto sudah tidak asing lagi bagi kita. Berbagai event sudah pasti tidak akan jauh dengan yang namanya foto, karena foto untuk pendokumentasian suatu acara. Tidak melulu dengan kamera profesional, bahkan handphone yang sudah memiliki fitur kamera pun kini sudah bisa digunakan untuk mengabadikan suatu peristiwa atau acara. Asal bisa menggunakan handphone, semua orang sudah bisa mengambil gambar. Dengan foto, membuat suatu peristiwa bisa dikenang di kemudian hari. Dengan foto pula suatu peristiwa menjadi lebih berarti. Foto seakan-akan memiliki nilai tersendiri. Terutama bagi para pecinta fotografi. Selalu ada cerita dibalik sebuah jepretan sebuah foto.

            Begitu pula dengan acara yang diadakan oleh mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN SUKA ini. Mereka mengadakan acara Pameran Fotografi dengan tema “Manusia Punya Cerita”. Pameran ini diadakan guna memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Fotografi Jurnalistik yang diampu oleh Bapak Sutirman Eka Ardhana. Namun pameran kali ini sungguh sangat berbeda dengan pameran-pameran fotografi yang diadakan sebelum-sebelumnya. Jika pada pameran-pameran sebelumnya hanya menanmpilkan karya-karya foto mahasiswa, berbeda dengan pameran kali ini yang selain pemajangan karya foto mahasiswa juga dikemas dengan adanya acara-acara lain seperti diskusi dengan fotografer profesional dan sarasehan dengan tema “Memanusiakan Manusia dengan Lensa” yang dihadiri oleh mahasiswa umum, tidak hanya dari jurusan KPI namun mendatangkan para undangan dari  LPM BUKIT dan Rasida FM. Selain itu pula, agar pameran tidak sekedar foto-foto yang dipajang dan agar suasana sedikit ramai maka panggung kecil dengan perlengkapan musik seperti keyboard, gitar, cajon pun di siapkan di sana. Para mahasiswa bisa membacakan puisi, bernyanyi, atau melawakpun boleh. “Jadi nggak cuma majang foto, agar lebih meriah dan berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya, pamerannya  kita konsep sedemikian rupa”, ujar Zaka, selaku anggota panitia acara tersebut.
            Pameran kali ini berlokasi di depan kantin Fakultas Dakwah dan Teatrikal Fakultas Ushuluddin. Alasan diadakannya pameran di tempat tersebut karena memang lokasi tersebut sangat strategis dan menjadi lalu-lalang mahasiswa. Baik dari mahasiswa Fakultas Dakwah, Ushuluddin, maupun mahasiswa lain seluruh Kampus UIN SUKA yang hendak menuju perpustakaan melewati jalan tersebut. Mereka bisa mampir melihat-lihat karya mahasiswa KPI yang berupa fotografi jurnalistik dan memberi testimoni terkait acara pameran. “Karena strategis dan banyak lalu-lalang mahasiswa, jadinya lebih baik kita adakan di sana (depan kantin Dakwah-red)”, kata Maya selaku ketua panitia pameran di sela-sela rapat fiksasi acara.
            Pameran kali ini diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 14 sampai 16 Desember. Dimana rangkaian acaranya dimulai dengan pembukaan pada hari pertama dan pembacaan puisi atau bernyanyi dilanjutkan melihat-lihat foto yang telah dipajang oleh para pengunjung diakhiri pemberian testimoni oleh para pengunjung terkait acara di pohon komentar yang telah disediakan di ujung pameran. Pada hari kedua diadakan sarasehan dengan judul “Memanusiakan Manusia dengan Lensa”, yang dihadirkan adalah Bapak Teguh Asmoro selaku narasumber. Beliau adalah fotografer prfesional yang sudah mencicipi manis pahitnya dunia fotografi dan kepenulisan. Hari terakhir acaranya adalah diskusi mengenai fotografi dengan mahasiswa umum dilanjutkan pengumuman pemenang lomba fotografi oleh Bapak Sutirman Eka Ardhana dan penyerahan hadiah kepada para pemenang serta diakhiri dengan penutupan acara.
            Acara pembukaan pameran dihadiri oleh Ketua Jurusan KPI Ibu Khoiro Ummatin dan Bapak Sutirman Eka Ardhana selaku dosen pengampu mata kuliah Fotografi Jurnalistik. Mereka sangat mengapresiasi acara pameran tersebut dan bahkan sumber pendanaan dibantu dari jurusan. Sehingga acara dapat terselenggara dengan meriah dan pengunjungnya antusias melihat- lihat foto yang dilanjutkan memberi penilaian terhadap foto-foto yang dipajang. (Charismanto-KPI UIN SUKA).

           

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT