BREAKING

Kamis, 20 Februari 2014

Jurnalistik dalam perspektif Al-Qur’an


Pemberitaan atau jurnalistik dalam Islam sebenarnya sudah ada sejak dahulu, dibuktikan dengan adanya salah satu surat khusus  di dalam Al-qur’an yang bernama “An Naba’ “ yang artinya pemberitaan. Hal ini menunjukkan bahwa Islam juga memperhatikan dan mendukung adanya pemberitaan.
Tidak cukup sampai di situ saja Islam memperhatikan dunia pemberitaan, salah satu ayat yang tidak kalah pentingnya adalah ayat yang mengatakan “Iqro’ “ yang artinya
bacalah. Secara eksplisit ayat tersebut dapat dimaknai sebagai perintah untuk membaca. Nah, dengan adanya perintah membaca tersebut, sehingga memunculkan adanya pemikiran untuk menulis, jika tidak ada sebuah tulisan mana mungkin terciptanya suatu kegiatan yang dinamakan “membaca”. Dan membaca disini tidak hanya dimaknai sebatas membaca tulisan saja, lebih dari itu membaca dapat dikaitkan dengan membaca keadaan sekitar atau  dalam kata lain belajar dari alam sekitar.
Di dalam Al-Qur’an pun telah disebutkan etika-etika yang sangat jelas di dalam pemberitaan, setidaknya ada 9 etika yang menjadi patokan atau dasar dalam dunia pemberitaan. Sembilan etika tersebut adalah :
1.       Informasi bersumber dari narasumber yang akurat.
        “Maka tanyakanlah olehmu kepad orang-orang yang berilmu (yang memahami persoalan)jika kalian tidak mengetahui”. (QS. 21:7)

2.       Bertanya yang tidak menyulitkan pemberitaan
        “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan hal-hal yang jika diterangkan kepadamu (jawabannya) niscaya menyusahkan kamu”. (QS. 5:101)

3.       “Hai orang-rang yang beriman, jika datang kepadamu orang-orang fasik membawa berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu”. (QS. 49:6)

4.       Tidak melakukan pemerasan kepada narasumber
        “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu berpergian untuk urusan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan ‘salam damai’ kepadamu, ‘Kamu tidak layak dipercaya (lalu kamu terus memojokkannya) dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan duniawi”. (QS. 4:94)

5.       Menjauhi prasangka dalam mencari berita/menghindari character assasination
        “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyak dari prasangka, sesungguhnya kebanyakan dari prasangka itu adalah dosa”. (QS. 49 : 12)

6.       Menghindari trial by the press (menghakimi)
        “Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahn orang laindan janganlah sebagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah seorang diantar kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya”. (QS. 49 : 12)

7.       Senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dalam tugas investigasi
        “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikat)-nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan masuk pada orang yang merugi”. (QS. 11 : 47)
8.       Tidak mengejek, membuak aib seseorang atau menggunakan inisial yang merugikan orang lain
        “Hai orang-orang yang beriman, janganlah satu kaum mengolok-olok kamu yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok)... dan janganlah kamu memanggil mereka dengan gelar yang buruk”. (QS. 49 : 11)

9.       Hak jawab dan klarifikasi
 Dapat diambil hikmah dalam kisah Nabi Yusuf yang difitnah (digoda) wanita. Kisahnya dibaca dalam QS Yusuf/ 12 : 26.
               
Dari pemaparan etika – etika tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Qur’an pun memiliki dalil-dalil yang jelas dalam dunia jurnalisme. Maka sebagai orang Islam jangan sampai kita terbelakang dalam dunia informasi yang semakin modern ini.
Jadi sudah sangat jelas dan tidak diragukan lagi bahwa mempelajari dan memperdalam ilmu tentang jurnalis adalah penting dan berguna.
Wallahu A’lam

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT