BREAKING

Rabu, 26 Agustus 2020

Panduan Mencari Istri Shalihah Menurut Al-Qur’an dan Hadits

 


                Semua makhluk diciptakan Allah di muka bumi ini dengan berpasang-pasangan. Termasuk manusia, diciptakan dari jenis laki-laki dan perempuan. Soal jodoh tentu menjadi rahasia Allah, tak Ada seorang pun yang tahu. Hanya saja manusia bisa berusaha mencari dan berusaha mendapatkannya.

Seorang lelaki yang baik tentu mendambakan istri shalihah. Karena istri shalihah inilah yang akan mampu menciptakan keluarga sakinah, melahirkan, mengasuh dan mendidik keturunannya menjadi anak baik-baik, yang shalih dan shalihah. Allah Swt berfirman

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا ٣٤

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. An Nisaa’ : 34)

Bagi seorang laki-laki beriman dalam mencari pendamping hidupnya tentu harus mempunyai pedoman. Saking pentingnya memperoleh istri shalihah ini, Nabi Saw sampai bersabda

“Tidaklah seorang mukmin memperoleh sesuatu yang lebih baik sesudah taqwa kepada Allah Swt selain dari  istri yang shalihah ; jika diperintah ia patuh, jika dipandang menyenangkan, jika diminta untuk menunaikan sesuatu ditunaikannya dengan baik, dan jika suami jauh darinya, dijagalah harta dan harga dirinya.”

Berikut ini adalah beberapa ciri istri shalihah menurut Al-Qur’an dan Hadits Nabi.

1.    Jika diperintah ia patuh

Posisi istri di dalam rumah tangga tentu bukan sebagai pembantu rumah tangga yang selalu siap untuk disuruh-suruh suami maupun untuk mengurus seluruh tugas rumah. Namun adakalanya ketika suami meminta istri dalam suatu hal yang dirasa mampu untuk dilakukannya, istri sebaiknya melakukan dan patuh terhadap perintah tersebut. Selama perintah suami tersebut tidak maksiat dan melanggar agama, maka wajiblah hukumnya seorang istri patuh. Sebagaimana dalam sebuah hadits

“Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur, lalu istrinya tidak mau menurutinya dan suaminya sepanjang malam marah kepadanya, niscaya dia dilaknat oleh malaikat hingga pagi hari.” (HR. Bukhari Muslim)

2.    Jika dipandang menyenangkan

Siapa sih suami yang ingin memandang istrinya yang acak-acakan dan kurang enak dipandang mata? Tentu semua suami normalnya ingin melihat penampilan istri yang baik dan enak dipandang. Namun dipandang sedap bukan berarti dengan selalu berpenampilan mewah dan merias wajah dengan wah. Penampilan dari sikap yang  baik, tutur kata yang sopan dan bibir yang sering menampakkan senyum pun sudah cukup dan dianggap menyejukkan mata bagi suami. Adakalanya juga seorang wanita merias diri dan berpenampilan menarik di hadapan suaminya. Selama sesuai kondisi dan situasi.

3.    Jika diminta untuk menunaikan sesuatu ditunaikannya dengan baik

Selama perintah dari suaminya baik dan tidak melanggar agama, si istri wajib patuh dan menunaikannya. Termasuk kewajiban melayani hasrat sebagai seorang lelaki. 

4.    Jika suami jauh darinya, dijagalah harta dan harga dirinya.

Suatu ketika suami pergi meninggalkan rumah dan meninggalkan harta bendanya, ia tidak lantas berfoya-foya dan bebas menggunakan harta. Selain itu pula ia mampu menjaga dirinya di hadapan laki-laki lain yang bukan mahramnya. Jangan sampai ketika suami pergi keluar kota  malah istri berkeluyuran kemana-mana dan tidak menjaga harta justru malah menghabiskannya.

“Apabila seorang istri telah mendirikan shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, selalu menjaga diri dan menaati suaminya, niscaya dia masuk surga Tuhannya.” (HR. Al Bazaar)

                        Demikian beberapa poin ciri-ciri istri shalihah menurut Al-Qur’an dan hadits. Semoga kita semua senantiasa mendapat kebaikan-kebaikan di dunia maupun di akhirat kelak, termasuk bagi para pembaca jomblowan-jomblowati yang belum menemukan jodoh agar segera dipertemukan dengan jodohnya yang shalih-shalihah dan dapat menuju ke jenjang ke pernikahan hingga membina kehidupan rumah tangga yang sesuai dengan yang diperintahkan agama. Wallahu A’lam. 

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT