BREAKING

Minggu, 30 Agustus 2020

Sabar di Tengah Cobaan

 


            Pada zaman dahulu tersebutlah seorang yang bernama Abul Hasan. Ia pergi haji ke Baitul Haram dan ia melihat sebuah keajaiban. Sewaktu tawaf, dia tiba-tiba  melihat seorang wanita dengan wajah bersinar dan berseri-seri. Dengan kagum ia memuji, “Demi Allah saya belum pernah melihat wanita secantik dan secerah wanita ini, pasti tidak lain ia tidak pernah risau dan susah.”

            Rupanya wanita tersebut mendengar ucapan Abul Hasan, dan lantas ia bertanya, “Apa katamu, wahai saudaraku? Demi Allah aku tetap terbelenggu oleh perasaan duka cita dan luka hati yang mendalam karena risau”.

Abul Hasan heran, “Lalu apa yang membuatmu risau, saudaraku?”

Wanita itupun menjawab, “Suatu ketika suamiku menyembelih kambing qurban dan kala itu aku mempunyai dua orang anak.”

Saat aku bangun untuk membuat makanan, tiba-tiba anakku yang besar berkata, “Hai Dik, maukah kamu saya tunjukkan bagaimana cara ayah menyembelih kambing?” “Baiklah jika begitu,” Jawab adiknya,

Lalu disuruhlah adiknya tadi berbaring dan disembelihlah leher sang adik hingga meninggal. Setelah melihat darah bercucuran, ia disergap perasaan takut yang hebat sehingga larilah ia ke pucuk bukit dan bersembunyi, tetapi ia di sana malah dimakan srigala. Lalu ayahnya mencarinya dengan menyusul ke bukit. Setelah sekian lama mencari-cari anaknya yang tak kunjung ditemukan, akhirnya ia pun mati karena kelelahan dan kehausan.

Lalu Abul Hasan berkata, “Bagaimana kesabaranmu menghadapi semua musibah yang sangat hebat itu?”

Wanita itu menjawab, “Tiada seorang pun yang dapat membedakan antara sabar dan mengeluh, melainkan ia menemukan di antaranya ada jalan yang berbeda. Adapun sabar dengan memperbaiki yang lahir, maka hal itu baik dan lebih terpuji akibatnya, Dan adapun mengeluh, maka seseorang tidak mendapatkan ganti kecuali hanya kesia-siaan saja.”

(Sumber : Ihya’ ‘Ulumiddin)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT