BREAKING

Senin, 31 Agustus 2020

Tiga Macam Orang Berpuasa dan Sepuluh Keutamaannya

 


            Puasa menurut Syara’ adalah mencegah diri dari makan, minum dan bersetubuh mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari karena mengharap ridho Allah dan menyiapkan diri untuk bertaqwa kepadaNya.

            Ibnu Qudamah al Muqaddasiy membagi puasa menjadi tiga macam :

Pertama, puasa orang awam, yaitu sekedar menahan perut dan kemaluan dari keinginannya.

Kedua, puasa orang khusus, yaitu menahan pandangan lisan, tangan, kaki, pendengaran, penglihatan dan seluruh anggota badan dari perbuatan-perbuatan dosa.

Ketiga, puasa orang yang paling khusus, yaitu puasanya qalbu dari keinginan-keinginan yang hina, pemikiran-pemikiran yang menjauhkan dari Allah dan menahan qalbu dari selain Allah SWT secara total.

Sedangkan fadhilah atau keutamaan yang kita peroleh dari puasa diantaranya :

1.      Puasa adalah seperempat iman. Ini merupakan kesimpulan dari makna dua buah hadits yang menyebutkan : “Ashaumu nishfush shabri (Puasa adalah separuh dari sabar).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) dan hadits “Ash Shabru nishful Iman (Sabar adalah separuh dari Iman).” (H.R Abu Nu’aim).

2.      Pahala puasa dilipatgandakan. Dalam sebuah hadits disebutkan demikian, “Setiap kebaikan seorang hamba akan dilipatgandakan pahalanya dari 10 sampai 700 kebaikan, terkecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku (Allah) dan aku yang akan membalasnya.” (H.R Bukhari Muslim)

3.      Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dibanding minyak kasturi.

4.      Orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu Ar Rayyan.

“Surga memiliki pintu yang disebut Ar Rayyan. Tidak akan memasukinya selain orang-orang yang berpuasa.” (H.R Bukhari)

5.      Orang yang berpuasa memiliki dua puncak kegembiraan.

“Orang yang berpuasa memiliki dua puncak kegembiraan: gembira pada saat berbuka puasa (ketika d dunia) dan gembira ketika bertemu Tuhannya (ketika di akhirat).” (H.R Bukhari Muslim)

6.      Puasa adalah pintu ibadah.

“Segala sesuatu ada pintunya. Adapun pintu ibadah adalah puasa.” (H.R Ibnu Mubarak)

7.      Puasa bisa menjadikan sehat. Sebagaimana sebuah hadits, “Berpuasalah, maka kalian akan sehat.” (H.R Abu Nu’aim)

8.      Puasa bisa menjadi benteng.

“Sesungguhnya puasa adalah tameng, maka jika salah seorang kamu sekalian berpuasa janganlah berkata kotor dan janganlah berlagak bodoh, kalau ada salah seorang yang ingin membunuh salah satu dari kamu atau berkata kotor pada salah satu dari kamu, maka katakanlah, ‘Saya sedang berpuasa, saya sedang berpuasa.” (H.R Muslim)

9.      Puasa bisa melebur dosa. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Bukhari)

10.  Puasa menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama.

 

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda ...

 
Copyright © 2013 PUJAKESUMA BLOGGER
Design by FBTemplates | BTT